Bagi teman-teman yang pernah seangkatan dengan saya di tingkat SD, MtsN dan MAN di kota Tanjungpinang, boleh kirim berita, cerita/pengalaman utk saling berbagi ke alamat Email ku as_m4n@yahoo.com
ads ads ads ads

SOLAQUA  

Diposting oleh mantpi

Solaqua is a water disinfection unit to be used in rural sub-Saharan Africa. It utilises ultra-violet and infra-red rays from the sun to eliminate pathogens within contaminated water. Raw water is first passed through a sari cloth filter to improve efficiency of solar water disinfection (SODIS). A five tap funnel fills five specially designed bottles to obtain ten litres of water. By spreading and laying the bottles on the ground, the transparent bottle surface allows maximum exposure to UV rays. The black, back surface of each bottle absorbs heat, while reflective inner surfaces reflect UV rays within the water itself.

Water purification, filtering and, or disinfection is an important aspect in the lives of many people living in rural sub-Saharan Africa. Diarrheal diseases claim the lives of many, especially children under five. Current ways of utilisng SODIS in Africa involve ordinary PET bottles placed on top of corrugated iron sheets and left exposed to the sun for six hours. By including black and reflective surfaces, Solaqua can efficiently and quickly disinfect water. As a unit, Solaqua can obtain ten litres of water (average daily household use in rural Africa). The bottle shape design allows for angled side surfaces to reflect UV rays within the water. When Solaqua is being carried these angled bottle surfaces meet each other and create a split drum-like form.

Aesthetically, Solaqua's form is abstractly reminiscent of a well. The orange and grey create sharp contrast and is easily identifiable. Since water is one of the most important aspects of life, Solaqua highlights this importance with its vibrant colours.

Screw cap lids on each bottle reduce re-contamination of water. Sari cloth is a readily available material and is subsequently used as a simple cloth filter. Hinge brackets link the Solaqua'a handle with each of the five bottles. Each part of Solaqua is carefully designed and serves a function while still providing aesthetic appeal.

By using plastics in the manufacture of Solaqua, weight is reduced since long distances need to be travelled to fetch water. Each part can be replaced and recycled. ABS plastic is used when extra strength is needed, for example in the handle and bracket design. Blow moulded PET is used for each bottle since the clarity of PET provides maximum efficiency of UV exposure.

Ergonomically, Solaqua provides a double sided handle for two children to carry if it is too heavy. However, still provides a central handle for an adult or stronger person to carry. Solaqua tries to move away from carrying heavy water tanks on heads (traditional method of carrying water within African communities) because of spinal and neck related injuries. However, the void created in the centre of the five bottles allows Solaqua to be placed onto the head if the user so chooses.
Solaqua adalah unit desinfeksi air untuk digunakan di daerah sub-Sahara Afrika. It memanfaatkan ultra-violet dan sinar infra-merah dari matahari untuk menghilangkan patogen dalam air yang terkontaminasi. Air baku pertama melewati sebuah filter kain sari untuk meningkatkan efisiensi air solar desinfeksi (SODIS). Sebuah lima saluran tekan mengisi lima botol yang dirancang khusus untuk mendapatkan sepuluh liter air. Dengan menyebarkan dan meletakkan botol di tanah, permukaan botol transparan memungkinkan paparan maksimum sinar UV. Hitam, kembali permukaan setiap botol menyerap panas, sementara permukaan batin reflektif mencerminkan sinar UV dalam air itu sendiri.

Air pemurnian, penyaringan dan, atau desinfeksi merupakan aspek penting dalam kehidupan banyak orang yang tinggal di pedesaan sub-Sahara Afrika. Diare mengklaim kehidupan banyak orang, terutama anak-anak di bawah lima. Current cara utilisng SODIS di Afrika melibatkan botol PET biasa ditempatkan di atas lembaran seng dan meninggalkan terkena sinar matahari selama enam jam. Dengan termasuk hitam dan permukaan reflektif, Solaqua dapat efisien dan cepat membasmi hama air. Sebagai satu unit, Solaqua bisa mendapatkan sepuluh liter air (rata-rata rumah tangga sehari-hari di Afrika pedesaan). Bentuk botol desain yang memungkinkan untuk permukaan sisi miring untuk merefleksikan sinar UV dalam air. Ketika sedang dilakukan Solaqua miring ini permukaan botol bertemu satu sama lain dan menciptakan perpecahan seperti drum-bentuk.

Estetis, Solaqua's bentuk abstrak mengingatkan kita pada sebuah sumur. Jeruk dan abu-abu membuat kontras yang tajam dan dengan mudah diidentifikasi. Karena air adalah salah satu aspek yang paling penting kehidupan, Solaqua menyoroti pentingnya ini dengan warna-warna cerah.

Topi sekrup tutup pada setiap botol mengurangi kontaminasi ulang air. Kain sari adalah tersedia bahan dan kemudian digunakan sebagai kain penyaring sederhana. Kurung engsel menghubungkan Solaqua'a menangani dengan masing-masing lima botol. Setiap bagian dari Solaqua adalah dengan hati-hati dirancang dan melayani fungsi namun tetap dapat memberikan estetika.

Dengan menggunakan plastik dalam pembuatan Solaqua, berat badan berkurang karena jarak jauh harus pergi untuk mengambil air. Setiap bagian dapat digantikan dan didaur ulang. Plastik ABS digunakan ketika kekuatan tambahan dibutuhkan, misalnya dalam menangani dan desain braket. Blow dibentuk PET digunakan untuk setiap botol sejak kejelasan PET memberikan efisiensi maksimum eksposur UV.

Ergonomis, Solaqua menyediakan menangani sisi ganda untuk dua anak untuk meneruskan jika terlalu berat. Namun, masih menyediakan menangani pusat untuk orang dewasa atau orang yang lebih kuat untuk membawa. Solaqua mencoba menjauh dari berat membawa tangki air di kepala (metode tradisional yang membawa air di dalam masyarakat Afrika) karena tulang belakang dan leher yang terkait cedera. Namun, kekosongan yang diciptakan di tengah lima botol Solaqua memungkinkan untuk ditempatkan ke kepala jika pemakai memilih.



solaqua 4

solaqua1


solaqua.jpg


Is there a need for Solaqua? Yes, Solaqua promotes an environmentally sustainable technique of providing clean water. Boiling water requires fuels (wood and fire) to obtain clean water. Solaqua uses only the sun.

Solaqua represents excellence in design because each feature serves a purpose, from the innovative bottle shape and use of reflective and black surfaces, to the handle/filter/funnel unit. Together they create a product which is versatile enough for other target areas (natural disaster and camping environements), while solving existing problems in rural sub-Saharan Africa. By creating awareness of SODIS and problems with water in Africa, Solaqua tries to solve existing problems with new and simple technology. Simple designs can often solve problems efficiently.
Apakah ada kebutuhan untuk Solaqua? Ya, Solaqua mempromosikan teknik yang ramah lingkungan dalam menyediakan air bersih. Memerlukan air mendidih bahan bakar (kayu dan api) untuk memperoleh air bersih. Solaqua hanya menggunakan sinar matahari.

Solaqua mewakili keunggulan dalam desain, karena setiap fitur memiliki tujuan, dari bentuk botol yang inovatif dan penggunaan permukaan reflektif dan hitam, untuk pegangan / filter / saluran unit. Bersama-sama mereka menciptakan produk yang cukup fleksibel untuk wilayah sasaran lain (bencana alam dan berkemah environements), sementara memecahkan masalah yang ada di pedesaan sub-Sahara Afrika. Dengan menciptakan kesadaran SODIS dan masalah dengan air di Afrika, Solaqua mencoba untuk memecahkan masalah yang ada dengan yang baru dan teknologi sederhana. Desain sederhana sering bisa menyelesaikan masalah secara efisien.

Source: student.designawards.com

This entry was posted on 22.32 .

Sudah siap Memulai Bisnis Internet ?

Bagi anda yang pengen dapat uang saku tambahan silakan coba yang satu ini, anda hanya di minta untuk mengklik iklan lalu anda dibayar.buruan daftar di donkeymails bawah ini
  • DonkeyMails.com: No Minimum Payout
  • DonnyWijaya.com - Bagi Bagi Mobil All New Jazz RS Otomatis,Sepeda Motor Mega Pro CW,Iphone 3GS 32GB,Blackberry Bold XL GRATIS!

    Hosting Murah

    BUKU TAMU


    ShoutMix chat widget